Sabtu, 21 Juni 2008

Sihir Perempuan

Buku ini memang kumpulan cerpen yang berkisah tentang perempuan. Tentang gerak-gerik, sepak terjang, kisah yang dibalut nuansa misteri khas perempuan, kegelapan, bau anyir darah, dan monster. Tak terbayangkan sebelumnya, penulis yang dari luar terlihat kalem ini mengembara bebas melalui tulisannya menjelajah sekat-sekat maupun ruang yang membatasi kebebasan imajinya. Ia bercerita dengan bengis, sekaligus miris dan perih.


Cerpen "Pemintal Kegelapan" mengawali dengan baik seakan menahbiskan buku ini sebagai horror book. Cerpen yang pernah dimuat Kompas ini tentang dongeng penantian seorang kekasih yang mendamba seorang pengembara. Sayang, kekasih ini hantu yang menyamar. Agar pengembara ini tidak kedinginan sepanjang usianya, ia memintal untuknya. Sebuah kegelapan. Selamanya.

Ada lagi, "Sejak Porselen Berpipi Merah Itu Pecah" yang menarik dan inspiratif. Diawali seara tak terduga, diakhiri pula oleh ketakterdugaan. Cukup mengena. Dan membius. Tapi, gara-gara ending pula cerpen "Mobil Jenazah" mengingatkan pada ending film "The Sixth Sense" yang fenomenal. Seseorang yang belum ngeh akan kematiannya sendiri.

Sementara "Polaroid" cukup mengesankan sebagai sebuah cerita misteri walau mungkin citarasanya kurang begitu eksklusif dan menggigit. Aku sedikit tahu tentang dunia fotografi gara-gara baca cerpen ini. O ya, "Darah" tampil sebagai cerpen yang ter-horror. Di awal sudah menghentak, memainkan perasaan, ketika perempuan yang mendapatkan menstruasi. Ketika bercampur dengan kegalauan dan kegelisahan. Dan, kepercayaan akan adanya monster pemakan darah kotor manusia. Meski terkesan menjijikkan, aku tiba-tiba ingat pada cerita ketika outbond pada setan yang memakan darah ini. Gila, bikin merinding!! Apalagi endingnya.

Secara keseluruhan, cerpen-cerpen ini cukup menawarkan nuansa baru. Tentang sisi gelap perempuan, darah, anyir, monster, kotor, dosa. Dipadu bahasa yang bukan hanya diksinya menonjok, namun juga alur yang membuai. Highly recomended buat dikoleksi!!!

Tidak ada komentar: