Minggu, 22 Juni 2008

The Firm

Novel ini sebenarnya lawas. Sudah bolak-balik baca, tapi selalu belum selesai. Akhirnya kemarin sewaktu pinjem di perpus, berketetapan kudu selesai. Akhirnya finish juga. Hm, kisah ini cukup kompleks. Seperti biasa, dengan cerdas, Grisham memadukan aksi thriller yang menegangkan dengan plot-plot pelik, bumbu romansa, plus sepenggal kisah humanis yang cukup menyentuh.


Novel ini juga sudah difilmkan dimana Tom Cruise jadi bintang utamanya. Mendadak pengin segera nonton niy. Hehe, maklum kecanduan film yang berbau profesional karier gitu. Pasca menyaksikan Meryl Streep dalam Devil Wears Prada yang mengesankan, sekarang masih cukup membaca kisah serupa, namun jelas sekali ini jauh lebih rumit dan kompleks.

Alkisah, Mitchel MacDeere, mahasiswa lulusan Hukum Harvard University yang berotak cemerlang karena menghuni peringkat 3 besar lulusan terbaik. Dia menjadi incaran perusahaan besar yang menghendaki dia untuk kerja di sana. Mulai dari Wall Street hingga Chicago. Akhirnya, ia malah prefer ke biro hukum, Bendini Lambert&Locke, di Memphis, kota kecil. Bersama istrinya, Abby, ia mulai pindah ke kota kecil untuk memulai hidup barunya yang luar biasa. Seberapa luar biasa? Jika kata-kata tak cukup, maka fantastis adalah jawabannya. Imagine, bayaran di tahun pertamanya senilai 80 ribu dolar ditambah jatah BMW, cicilan rumah yang berbunga rendah - malah bisa dibilang dikasih cuma-cuma, plus tunjangan kesejahteraan disana-sini. Belum lagi bonus yang membuat Mitch terperangah dan ngiler tidak karuan.

Ternyata itu hanya kamuflase. Berikutnya, baru ia sadar hanya diperalat, sebagai mesin. Ia harus bekerja 72 jam seminggu, rata-rata 20 jam sehari! Gila, mesin pun takkan sanggup melakoninya. Tapi, yang paling fatal adalah ketika ia tidak lagi mampu memperoleh kebebasannya karena dikontrol di sana-sini. Kemarahannya melambung ketika beberapa orang yang bekerja di kantor itu tewas. Biro yang ternyata mendapatkan kasusnya secara ilegal. Intrik dengan FBI juga cukup menegangkan. Such a thriller novel!!

Tidak ada komentar: