Minggu, 22 Juni 2008

Muhammad : Sebuah Biografi Kritis

Pertama kali lihat buku ini tidak begitu tertarik. Terlebih ama isinya. Tunggu dulu. Don't judge a book by its cover! Ya, meskipun desainnya minimalis, cover depannya termasuk eye catching-lah. Hehe..Toh, penulisnya pernah bikin buku tentang Perang Salib, at least sedikit banyak tahu tentang dunia Islam. Jadi, ikut pengin tahu ah...Apalagi baca latar belakangnya dia menulis ini karena dilandasi rasa penasarannya pada sosok yang bagi dunia Barat (ini mewakili Kristen) bercitra negatif.


Bukan hanya menyebarkan agama dengan penuh kekerasan, pakai pedang, namun juga poligami dan sama sekali bukan sosok pemurah, pemaaf, apalagi penuh kasih selayaknya Yesus (dia menyebutnya seperti itu). Tapi, yang ingin ditekankannya Muhammad atau Ahmad dalam bahasa Ibrani berari yang dipercaya - Al Amin - sebagai sosok yang manusia, seutuhnya, dan sebenarnya.

Tidak seperti, Yahudi yang menuhankan Yahweh dimana dituliskan penuh dengan kekuasaan, tidak seperti manusia, sifatnya jauh, apabila ingin dia bisa memusnahkan. Atau Kristen yang menganggap Yesus sebagai Tuhan. Muhammad muncul sebagai utusan Tuhan, setelah Yesus turun ke bumi menyebarkan perdamaian, awalnya khusus suku Quraisy kemudian ke seluruh umat manusia. Walaupun kelahirannya sudah diterakan pada kitab-kitab terdahulu, banyak yang menyangsikan. Benarkah dia terlahir sebagai penyempurna?

Jujur, gw kaget ketika baca buku ini. Amstrong menulis secara dangkal dan kurang mendalam. Di mataku, apa yang dijelaskannya hanya sekadar berusaha meluruskan siapa sebenarnya Muhammad itu. Meskipun dia berusaha memperbanyak literatur yang berkaitan dengan perjalanan hidupnya, toh buku ini masih muncul di permukaan. Perjalanan hidup Muhammad dijabarkan seperti tertera dalam buku-buku pelajaran atau riwayat singkat beliau yang pada majalah Islam. Sebagai biografi, apalagi kritis, buku ini masih kurang berbicara. Setidaknya, cara bertutur buku ini cukup kuat dan mampu merepresentasikan pandangan Barat terhadap Manusia Terhebat ini.

Tidak ada komentar: