Minggu, 22 Juni 2008

Mapping History Book


Mendapatkan anugerah sebagai buku terbaik versi Discover Book Award 2002, membuat buku ini memang sarat akan nuansa penjelajahan dan eksplorasi genetika manusia, DNA, gen, dan rumitnya kromosom yang ternyata setiap manusia diturunkan secara potongan identik oleh ibunya masing-masing. Ide awalnya, mirip dengan Harun Yahya yang mempertanyakan evolusi manusia, bedanya Steven lebih condong akur dengan postulat Darwin, Origin By The Species yang menghebohkan sejarah kehidupan manusia. Ia banyak bercerita tentang keragaman ras manusia yang setiap benua memang berbeda.


Ah, lalu ditelusurinya, awal mula manusia purba yang dengan klaimnya (?) abisnya, tidak ada literatur an sich, berujar asal manusia pertama kali di Afrika Timur lalu menyebar secara merata ke penjuru dunia. Ow, dan dia menyandingkan manusia purba - bisa berarti Australopithecus, Neanderthalensis, de el el ternyata hidup bersama manusia modern macam Homo Sapiens atau Erectus pada kurun waktu 100 ribu-200 ribu tahun lampau. Anehnya, mengapa mereka tidak kawin silang? Apakah mereka saling membunuh? Tapi tidak ditemukan sama sekali fosil dengan kepala retak karena pertengkaran. Ia juga menduga, manusia modern pertama kali hidup sejak 150 ribu tahun lampau berdampingan dua orang. Siapa itu? Adam dan Hawa dunk!


Trus, gimana penjelasan manusia purba? Apakah itu hanya rekaan semata dari paleontologis yang menganut evolosi Darwin sebagai pegangan. Hanya saja, belum bisa dibuktikan soal pencampuran ini. Apakah mereka musnah? Mustahil jika mereka berdampingan. Yang jelas, melalui penelusuran DNA dan gen serta kromosom dapat dianalisa bahwa setiap orang di bumi memiliki kromosom identik yang ternyata mengarah pada satu ibu tunggal!!


Benarkah dia Hawa? Sebagai pembaca yang punya background muslim, saya langsung menebak ini benar! Dan tidak ada hubungan dg manusia purba yg menurut Harun Yahya sebagai rekaan belaka. Bagaimana fosil? Ini pun tidak menjamin kevalidan. Yang jelas, kontroversi ini akan terus bergulir riuh!!! Kalau Anda penasaran dengan asal-usul nenek moyang Anda, buku ini harus dibaca. Disajikan dengan bahasa lugas, enak diikuti, tidak seperti buku ilimiah lainnya, pembahasan yang dipaparkan juga cukup asyik. So highly recommended!!

Tidak ada komentar: